Apa itu Forum di Gmail dan Cara Membuatnya

Apa itu Forum di Gmail dan Cara Membuatnya

Pernahkah kamu diminta oleh teman atau kolega untuk bergabung dengan Forum di Gmail? Yah, itu bisa jadi sangat membingungkan, dan tidak banyak orang tahu tentang itu. Karena itu, dalam artikel ini, mari kita lihat apa itu Forum di Gmail dan bagaimana kamu bisa membuatnya jika diperlukan.

Apa itu Forum di Gmail?

Forum di Gmail pada dasarnya memungkinkan sekelompok orang dengan minat yang sama untuk berkolaborasi dan bekerja bersama secara online. Ini lebih merupakan messenger, dibuat khusus untuk tim, organisasi, kelas, atau grup lain tempat kamu diharuskan berkomunikasi menggunakan email.

Sekarang, kamu mungkin sudah melihat tab Forum di dasbor Google Mail. Jika tidak, kamu dapat mengaktifkannya dengan mengklik ikon roda gigi dan mengaktifkan Forum di bawah tab Konfigurasi Kotak Masuk . Ini terdiri dari pesan dari grup online, papan diskusi, dan milis jika ada.

Membuat Forum Gmail

Saat sekarang, forum Gmail hanya dapat dibuat melalui Grup Google. Saat kamu ingin membuatnya, kamu akan ditanyai jenis grupnya. dan selama proses yang sama, kamu dapat membuat grup menjadi forum dan mengundang orang untuk bergabung.

Setelah selesai, pesan yang dibagikan dalam grup yang menjadi bagian kamu akan secara otomatis diklasifikasikan di bawah tab Forum di aplikasi Gmail. Ini tidak hanya akan memberi kamu akses sekali ketuk ke Grup Google tetapi juga membantu menjaga mereka tetap terisolasi dari email kamu yang lain.

Panduan Langkah demi Langkah untuk Membuat Forum Gmail

1] Buka browser di ponsel atau komputer kamu dan masuk ke https://groups.google.com/ (situs web Grup Google).

2]  Masuk dengan email dan kata sandi akun Google kamu.

3]  Klik tombol Create yang berwarna oranye.

Buat Forum Gmail Baru

4] Berikan nama ke forum kamu di kotak berlabel Nama Grup , sesuai tujuan atau minat kamu.

5] Saat kamu mengetikkan judul, Google akan secara otomatis menghasilkan alamat email yang sama di  kotak alamat email Grup .

Namun, jika kamu tidak menyukainya, cukup ubah dengan mengklik kotak. Cobalah untuk tetap singkat, sederhana, dan mudah diingat karena alamat ini akan digunakan oleh anggota untuk berkomunikasi satu sama lain.


Sebagai permulaan, Daftar Email pada dasarnya adalah mailing group list, digunakan untuk mengirim pengumuman atau berkomunikasi secara terbuka ke seluruh grup. Tetapi karena kamu membuat forum, forum Web dan forum tanya jawab, akan menjadi pilihan yang lebih cocok.

Sebuah Forum Web memungkinkan anggota kelompok untuk berinteraksi, berdiskusi, dan berkolaborasi. Sedangkan, Forum Tanya Jawab memungkinkan pertanyaan dimasukkan ke dalam kategori untuk memudahkan pengorganisasian dan memungkinkan mereka ditandai sebagai 'diselesaikan.' Sebuah Kolaborasi Inbox , di sisi lain, adalah jenis seperti chatroom mana setiap orang dapat email grup dan memulai atau membalas thread.

9]  Setelah kamu selesai memilih topik, atur izin untuk diskusi forum di bawah tab Izin dasar .

Di sini kamu dapat mengatur visibilitas grup dan menentukan siapa yang dapat melihat topik dan memposting pesan dalam grup menggunakan masing-masing menu drop-down. Selain itu, kamu juga dapat mengatur siapa yang dapat bergabung dengan grup - siapa pun di web atau hanya pengguna yang diundang.


10]  Setelah selesai dengan semua bidang, klik tombol Creat yang diberikan di sudut kiri atas (mungkin meminta kamu untuk verifikasi captcha).

Sekarang, pesan selamat akan muncul di layar kamu yang memberi tahu bahwa kamu telah berhasil membuat Forum kamu. dan kamu juga akan menerima email untuk hal yang sama. Sekarang tutup tab dan undang orang untuk bergabung, menyesuaikan pengaturan grup, atau langsung menambahkan topik untuk memulai diskusi.


Untuk Mengundang Orang -  Pilih "Manage Member" dan klik opsi "Invite Member" dari bilah sisi kiri. Di sini, kamu dapat memasukkan alamat email bersama dengan pesan undangan untuk anggota yang diusulkan (kamu dapat memasukkan beberapa alamat email sekaligus dengan memisahkannya dengan koma). Kemudian, klik Send , dan kamu siap memulainya.

Dan sekarang, kamu dapat mengakses forum dengan aplikasi Gmail di bawah Kategori. kamu juga dapat memberikan komentar dan membalas topik forum langsung di Gmail, mirip dengan cara kamu merespons email. Tidak perlu mengunjungi kembali situs web Grup Google kecuali ketika kamu perlu melakukan perubahan pada forum.

Baca juga: Cara Mendapatkan Bitcoin Gratis | maniakbitcoin

Belum ada Komentar untuk "Apa itu Forum di Gmail dan Cara Membuatnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel